Text
Analisis rantai pemasaran ikan hias air tawar Di Kota Makassar
Kota Makassar sebagai sentra pemasaran ikan hias di Sulawesi Selatan tentu saja memiliki hasil budidaya perikanan khususnya ikan hias air tawar, yang selain dihasilkan sendiri oleh masyarakat di Kota Makassar. Selain itu ikan hias air tawar juga di suplai dari beberapa daerah dan pulau yang ada di Sulawesi Selatan, maupun di luar provinsi Sulawesi Selatan. Berdasarkan hal tersebut sehingga diperlukan rantai pemasaran dan strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh para UMKM terkhusus Usaha Ikan Hias yang ada di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu survey dalam menyelidiki berbagai fenomena yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pedangan usaha ikan hias air tawar di Kota Makassar dengan sampel sebanyak 20 orang baik informan kunci dan informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rantai pemasaran ikan hias di Kota Makassar bisa dimulai dari produsen/pembudidaya ke pedagamg pengumpul kemudian kepedagang pengencer terakhir disalurkan ke konsumen. Strategi pemasaran ikan hias di kota Makassar dilihat dari rantai pemasarannya dipadukan dengan penerapan teknologi dengan memanfaatkan media sosial dalam proses pemsarannya selain pemasaran tradisional
UCM-P-J-00021_1 | UCM-P-J-00021 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain