Text
Business Model Canvas for local salt business in Bangkala District, Jeneponto Regency (Case Study of Bangkala Ramah Local Salt Business Group
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi garam lokal pada kelompok usaha garam Bangkala Ramah dan untuk menganalisis Bisnis Model Canvas usaha garam lokal pada kelompok usaha garam Bangkala Ramah Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Maret – Juni 2022. Hasil dari penelitian ini yaitu potensi usaha garam rakyat pada kelompok usaha garam Bangkala Ramah adalah Rp. 698.000.000/ tahun, dengan total produksi 13.960 Kg/tahun, yang diproduksi di lahan seluas 9.095 M² dengan jumlah petakan produksi sebanyak 107 petakan. Hasil analisis Business Model Canvas pada kelompok usaha garam Bangkala Ramah, perlu perbaikan pada elemen BMC, yaitu; (1) Customer Segments: ditambahkan pengolah ikan kering, rumah makan, supermarket, minimarket, warung, dan pasar tradisional. (2) Value Propositions: membuat kemasan garam kasar yang lebih kecil dengan merk sendiri, serta membuat garam halus beriodium dengan merk sendiri. (3) Channels: penambahan email sebagai transaksi surel dan penyimpanan data. (4) Customer Relationship: membentuk grup komunitas produsen garam. (5) Revenue Streams: aliran pendapatan dari diversifikasi usaha serta pembuatan invoice
bagi kebutuhan administrasi pemasaran. (6) Key Resources: modal/finansial, mesin produksi dan gudang peyimpanan. (7) Key Activities: penggunaan teknologi produksi dan membangun aliansi mitra. (8) Key Partnership: Instansi pemerintah pengelola PUGAR dan KUGAR se Kabupaten Jeneponto. (9) Cost Structure: Biaya Sewa transportasi dan Sewa Gudang penyimpanan produk.
UCM-P-J-0015-1 | UCM-P-J-0015 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain