Perpustakaan Universitas Cokroaminoto Makassar

Repository

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HAJI

Text

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HAJI

Andi Niartiningsih - Nama Orang; Nurul Hidayah Nur - Nama Orang; Nurfitriani - Nama Orang;

Kepuasan pasien adalah suatu keadaan yang dirasakan oleh seseorang setelah ia mengalami suatu Tindakan atau hasil dari Tindakan atau hasil dari Tindakan yang memenuhi harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross-sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah pasien di Instalasi rawat jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 170 responden. Analisis data menggunakan uji chi square. Rata-rata responden berada pada tingkat umur 25-35 tahun (53.5%), jenis kelamin perempuan (74.1.%), pekerjaan wiraswasta (52,9%), pendidikan terakhir SMA (46.4%), Poliklinik Interna (39.5%), Jarak < 5 Km (66.5%), Jumlah kunjungan Tidak terhingga (89%). Uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan relationship marketing dengan kepuasan pasien dengan nilai (P=0.000), jika strategi bisnis dan pemasaran yang dilakukan dengan baik oleh rumah sakit akan dapat memberdayakan keinginan pelanggan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Disarankan untuk meningkatkan relationship marketing dengan mempromosikan pelayanan-pelayanan yang ada dirumah sakit melalui media sosial dan juga pada setiap loket pendaftaran pasien sehingga para pengunjung akan mendapatkan informasi yang jelas, melakukan strategi pemasaran untuk menciptakan keunikan dari rumah sakit, menyediakan fasilitas yang ada diruang perawatan canggih atau modern, petugas kesehatan (dokter atau perawat)melibatkan keluarga dalam menyampaikan informasi tentang kondisi pasien, memberikan saran terhadap kondisi yang dihadapi pasien.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
UCM-ARS-003
Penerbit
Jurnal Kesehatan Tambusai : Jurnal Kesehatan Tambusai., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2774-5848
Klasifikasi
jurnal
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
other (computer)
Edisi
September 2022
Subjek
Kesehatan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jurnal Kesehatan Tambusai
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HAJI
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas Cokroaminoto Makassar

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik